Monday, December 5, 2011

Profil Calon Indukan Baru

1. GOBREK

Gobrek murai batu Sumatra ekor sedang (+/- 20 cm) dengan tipe ekor melengkung ke bawah dan variasi warna itam pada ekor putih nya. Burung ini hasil barter dari teman yang mengidamkan MB Si Keris milik saya (tentang keris bisa dibaca di SINI.

Gobrek sebelumnya adalah MB yang tidak terawat, satu hari di rumah saya terkejut dengan volume suara nya yang keras.
Kelebihan Gobrek adalah Volume keras, isian belalang dan kenari yang tajam serta panjang dalam membawakan lagu isian (tipe ngeroll nembak). Gaya tarung nya tenang dengan menunduk-nunduk.

2. GADING
Gading adalah murai batu asal Kudebieng (maaf kalo salah eja) NAD, MB ini hasil take over dari seorang teman Kicau Mania. Dahulu bernama KEDEBING sesuai daerah asal nya. Saya namakan GADING karena take over dari teman yang tinggal di Gading Serpong :D.
Gading adalah MB "rusak". Sewaktu masih di pemilik lama dan bernama KEDEBING, gading adalah murai prestasi (walaupun masih sebatas kelas pinggiran). Selama tahin 2009-2010 Kedebing sering presatasi di lomba/latpres seperti di Royal (Cengkareng), Eyang Agung, Lembang pada posisi juara I. Entah karena terlalu diforsir lomba di usia relatif muda, menyebabkan Kdebing Over birahi.
Saya take over dalam keadaan OB yang sangat parah, Gading sangat galak, bahkan dengan orang pun selalu menantang bunyi sambil buka sayap, nabrak-nabrak dan mematuk-matuk tempat pakan.

Gading MB yang sangat cerdas dan latah, tembakan musuh akan dibalas dengan tembakan isian yang sama, Volume keras, isian sangat banyak dengan tonjolan suara cililin, cucak jengot, prenjak sepasang, love bird, kenari, ciblek.
Gaya main sangat tenang sambil menunduk mengeluarkan tembakan. Saya buktikan sendiri ketika digoda dan ditrek denga lawan. Tentu sambil galak dan nabrak2 karena masih OB.
Saat ini Gading sedang saya ungsikan menyepi sendiri tanpa mendengar suara murai lainnya untuk menetralkan penyakit OB nya, dan Alhamdulillah ada kemajuan, GAding tidak lagi galak dan buka sayap. Lebih lincah dan gesit.

2 comments:

  1. wahhhh,,,, ko comment yg semalem ga muncul ya?
    gading kayanya udah mulai ke semsem sam si tangse om,,,,tinggal nunggu dia bener-bener kepincut tuh kayanya om...

    ReplyDelete
  2. gagal lagi, gading kumat, betina dihajar...
    pisahin lagi deh.... :D

    ReplyDelete