Monday, December 5, 2011

Murai batu makan buah, mengapa tidak?

Murai batu adalah burung kicau yang mempunyai sifat dan naluri fighter yang sangat tinggi, oleh karena itu secara alami makanan utama nya adalah serangga dan sejenis nya yang mengandung protein tinggi.
Apakah muraibatu mau makan buah-buahan? jawaban saya, ya bisa dan mau apabila dilatih, bukankah setelah kita pelihara di rumah juga kita latih makan voer yang tidak pernah dimakan di alam nya?

Buah tentu saja mengadung gizi dan protein yang tinggi, sangat baik bagi manusia juga tentu baik bagi hewan. Kandungan vitamin di dalam buah dapat menjadi anti oksidan yang dibutuhkan untuk kesehatan burung.
Lalu bagaimana agar membuat murai mau makan buah? tentu dilatih, sama seperti kita melatih mereka makan voer.

Murai yang dipelihara sejak kecil/piyik/trotol tentu lebih mudah dilatih makan buah, karena secara naluri mereka akan makan apa saja apabila merasa lapar. Trotolan OCDF mulai saya kenalkan dengan buah sejak mereka bisa makan sendiri sekitar umur tiga minggu. Buah yang saya berikan terdiri dari : pisang, di umur mingguan, apel, pear. Pemberian buah tidak sering, hanya seminggu sekali.
Anakan menjadi sehat dan lincah.

Untuk murai remaja, muda hutan, dewasa, melatih makan buah bisa dengan membuat mereka lapar terlebih dulu. Buah diiris kecil-kecil dan masukan di cepuk pakan. Memang ada yang berhasil, ada juga murai yang tetap tidak mau makan buah. Tapi mencoba tidak ada salah nya bukan?

No comments:

Post a Comment

Post a Comment