Saturday, December 31, 2011

Meloloh dan Merawat piyikan Murai hingga proses lepas trotol

Saya akan sharing tentang merawat piyikan sejak diangkat dari sarang hingga lepas trotol. Ini semata pengalaman pribadi yang belum tentu bisa dijadikan patokan oleh semua orang dalam merawat piyikan.

Saya biasa mengambil anakan dari sarang pada umur 7-8 hari, atau ketika piyikan belum melek. Kadang ada piyikan yang sudah melek pada umur 7 dan 8 hari sehingga agak takut sama orang. Dalam kasus piyikan sudah melek, saat pertama diangkat piyik diloloh dengan agak "memaksa" yaitu pegang piyikan dan buka paruh, lalu loloh dengan kroto bersih. Setelah itu biarkan sekitar 2 jam atau sampai terdengar piyik bunyi2 karena lapar. Jika piyik masih takut disuapi, tangkap lagi dan loloh seperti tadi. Biasa nya setelah itu piyik mulai berani untuk diloloh dan membuka paruh kalau lapar.
Cara lain adalah, angkat piyikan sore hari menjelang malam, dengan harapan piyikan langsung tidur dan esok nya ketika lapar mau diloloh. Tetapi ada juga piyik yang masih takut esok hari nya sehingga gunakan cara di atas lagi.
Biasa nya hari kedua setelah diangkat piyik sudah mau diloloh langsung oleh tangan.

Pada hari pertama diangkat sampai dengan hari ke-10, piyik saya loloh full kroto dengan campuran minyak ikan dan vit B complex, dan bisa juga dengan campuran sedikit voer. Hari kesebelas piyik sudah mulai belajar berdiri. Menu pakan mulai bervariasi dengan tambahan jangkrik kecil, UH putih, cacing, jika persediaan kroto habis, saya ganti dengan parutan keju atau kuning telur rebus.

Setiap adonan voer dan kroto saya campurkan minyak ikan. Vitamin B complex langsung diteteskan ke mulut.
Umur 14 hari piyik sudah mulai terbang, bahkan ada yang umur 11 hari sudah bisa terbang (OCD-F 008). Ada yang umur 12 hari sudah ngeriwik (OCD-F 006). Menu pakan masih adonan voer+kroto+minyak ikan. Jangkrik disuapi terpisah, selang-seling pagi-siang-sore-malam. Vitamin setiap hari.

Umur 3 minggu piyikan sudah belajar makan sendiri, yaitu kroto, jangkrik, UH, cacing. Untuk Voer diberikan terpisah setengah basah. Kalau piyikan enggan makan voer, saya suapi dan pasti dimakan. menjelang umur satu bulan voer kring sudah di makan.
Sampai dengan umur satu bulan,
trotolan tidak dijemur, hanya dihangatkan sekali-sekali di teras. Untuk mandi, trotolan akan mandi sendiri di cepuk, oleh karena itu air harus diganti setiap hari.
Pada usia ini trotolan sudah rajin ngeriwik, pakan full sekenyang nya berupa jangkrik, pagi-siang-sore; kroto pagi; cacing seminggu 2 kali; UH seminggu 3 kali atau jika cuaca dingin berikan UH pagi-sore 5 ekor.
Vitamin B compleks seminggu 3 kali di cepuk minum.
Memasuki umur 2 bulan trotolan mulai belajar ngeplong pakan full sekenyang nya.
Menjelang 3 bulan sudah proses lepas trotol. Pada masa ini, pakan dan kesehatan sangat perlu mendapat perhatian ekstra. Kerodong sangat penting setelah pemberian makan pagi dan sore.
Proklamator
kaka - female

17 comments:

  1. vitamin b kompleknya berupa cairan atau serbuk? apakah merknya? dimana mendapatkannya? makasih atas pencerahannya.

    ReplyDelete
  2. vit b compleks cair merek b****bion drops ada di apotik-apotik

    ma kasih

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas pencerahannya. Dah bisa meraba merknya.

    ReplyDelete
  4. Salam Kenal bro .
    Mau tanya nih, gimana cara kita bisa membedakan murai batu batina dan murai batu jantan pada saat masih piyik (hasil ternakan) ?
    Terima Kasih Bro .

    ReplyDelete
  5. terus terang om, saya juga masih belajar dan belom punya banyak pengalaman, menurut teori sih bisa dibedain dari warna bulu trotol nya kalo udah umur 20 harian. tapi pengalaman pertama saya ternyata prediksi jenis kelamin banyak yg meleset :D

    ReplyDelete
  6. gan pd umur berapa murai ganti ekor yg pertama???

    ReplyDelete
    Replies
    1. antara 4-6 bulan, tergantung asupan pakannya dan gizinya. di saya rata2 umur 4 bulan udah ganti bulu trotol

      Delete
  7. om kalau vitamin biasanya kasih apa,.. kalau lesu obatnya apa,.. minyak ikan satu butir berapa hari sekali om,.. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak vitamin yg dijual di kios2 burung, tinggal cari aja yg cocok. bisa kasih bcombion beli di apotik. kalo lesu berarti kurang sehat, kudu dicari penyebabnya.
      minyak ikan secukupnya aja bisa 1 butir bisa 2 butir dicampur kroto

      Delete
  8. misi om..,jual muray piyikan ga?

    ReplyDelete
  9. Berapaan hrg trotolanya om?

    ReplyDelete
  10. Slam kicau. Bang ocid trotol saya sekitar 40 harian.. Kemarin ngriwik kaya kaset kusut gitu. Itu betina atau jantan ? Perbedaan ngeriwik betina sama jantan gmn ?

    ReplyDelete
  11. foor yang tepat buat anakan umur 15 hari apa gan

    ReplyDelete
  12. Extra fooding alternatif untuk trotol murai batu, sebagai pengganti serangga hidup dan kroto.

    Pertumbuhan trotol murai batu yang mengkonsumsi MARKEL
    Extra Fooding alternatif untuk trotol murai batu

    Extra fooding MARKEL, solusi cerdas untuk trotolan murai batu kesayangan anda

    ReplyDelete
  13. Mas tanya. Kenapa anakan murai saya kakinya selalu cacat apa penyebabnya . Kalo nggak bengkok y kaku . Gimana solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cacat, kaki bengkok biasanya karena kurang kalsium. Indukan harus cukup kalsium pada pakannya. Kasih sotong atau kulit telor yg dihancurkan sebagai tambahan pakan indukan, berikan juga multivitamin selama indukan berproduksi.

      Delete