Monday, April 25, 2011

Ken Arok, Murai Muda Hutan Pilihan

Ken Arok, Murai batu muda hutan prospek
MB ini saya beli di pasar burung, dari pengamatan, di antara MB muda hutan lainnya MB ini tampak tidak terlalu takut orang dan tidak ngeruji kalau loncat.
Saya pilih dengan beberapa pertimbangan antara lain postur dan cara nya meloncat.
Ternyata pilihan saya tidak salah, karena esok hari nya burung ini sudah langsung ngeriwik, legaa...
Teori perawatan MB muda hutan seperti : kerodong full selama satu minggu, jangan dimandikan dulu, minggu berikut nya buka kerodong setengah, dan seterus nya tidak berlaku untuk MB ini.
Hari kedua saya sudah buka kerodong setengah. Walaupun masih takut kalau didekati, tapi burung ini tetao rajin ngeriwik. Hari ketiga KEN AROK sudah mandi di bak keramba, hari keempat kerodong saya lepas dengan agak was-was khawatir ngeriwik nya berhenti. Ternyata KEN AROK tetap rajin bunyi malah makin keras.
Hari ketujuh, keluar suara ngeplong dan makin sering, terutama kalau dia sedang tenang. Hari kedelapan saya beranikan gantang di halaman depan yang cukup rendah, dia tetap bunyi, malah bunyi ngeplong yang mulai bervariasi. Alhamdulillah.
Perawatan :
pagi buka kerodong; jangkrik 5 kroto dua sendok makan dicampur voer
sore jangkrik 5 dan kroto satu sendok makan
hari pertama di rumah tidak dimandikan
hari kedua dimasukan bak keramba sore hari
hari ketiga mandi sore jam 3
hari ketujuh mulai mandi pagi
hari kedelapan, pagi jemur sebentar, jam 10 mandi
EF selingan : ulat bumbung dan ulat hongkong diselang-seling

No comments:

Post a Comment